Rabu, 19 Mei 2010

PPKN SOAL JAWABAN 2

I. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

A. Pengertian ideologi

1. Etimologi dan pengertian menurut:

a. Drs.Syahrial sarbani MA :

Ideologi adalah gabungan dari dua kata majemuk idea dan logos, yang berasal dari bahasa Yunani eidos dan logos. Secara sederhana ideologi berarti suatu gagasan yang berdasarkan pemikiran yang sedalam-dalamnya dan merupakan pemikiran filsafat.

b. Prof.Drs.C.S.T Kansil,,SH :

kata falsafah berasal dari bahasa yunani philopos

2. Jelaskan Definisi Ideologi menurut :

a. W.White :

soal cita2 politik atau doktrin atau ajaran suatu lapisan masyarakat atau Sekelompok manusia yang dapat di beda bedakan.

b. Harol H.Titus (lihat reperensi no 2 )

Ideologi adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu rencana yang sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok masyarakat.

3. Jelaskan pengertian Ideologi dalam arti:

a. Ideologi tertutup :

Dalam anti sempit ideologi adalah gagasan atau teori yang menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang mau menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak. Dalam artian ini disebut juga ideologi tertutup.

b. Ideologi terbuka :

Dalam arti kata luas istilah ideologi dipergunakan untuk segala kelompok cita-cita, nilai-nilai dasar, dan keyakinan-keyakinan yang mau dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif. Dalam artian ini ideologi disebut terbuka.

c. Bersifat negative :

Kata ideologi sering juga dijumpai untuk pengertian memutlakkan gagasan tertentu, sifatnya tertutup di mana teori-teori bersifat pura-pura dengan kebenaran tertentu, tetapi menyembunyikan kepentingan kekuasaan tertentu yang bertentangan dengan teorinya. Dalam hal ini ideologi diasosiasikan kepada hal yang bersifat negatif.

d. Ajaran doktrin menurut BP 7 :

Ideologi juga di artikan sebagai ajaran doktrin,teori,atau ilmuyang di yakini kebenaran nya, yang disusun secara sistematis dan di beri petunjuk pelaksanaannya dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang di hadapi dalam bermasya rakat,bangsa,dan bernegara.

4. Jelaskan secara singkat perbedaan filsafat dan ideologi :

Ø Filsafat :

a. Digerakkan oleh kecintaan kepada kebenaran dan sering tanpa pamrih apapun juga.

b. Merupakan kegemaran dan sebagian kecil orang saja, karena memang tidak semua orang mempunyai kecenderungan pribadi mencari kebenaran tertinggi.

Ø Ideologi :

a. Digerakkan oleh tekad untuk mengubah keadaan yang tidak diinginkan, menuju ke arah keadaan yang diinginkan karena sudah ada suatu komitmen dan terkandung wawasan masa depan yang dikehendaki dan hendak diwujudkan dalam kenyataan.

b. Diminati oleh lebih banyak manusia

5. Jelaskan pengertian Ideologi menurut Prof.C.S T kansil, SH :

Ideologi, idein (Yunani)= ajaran(ilmu) tentang gagasan dan buah pikiran (science des ideas), Ideologi(umum)= suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan serta kepercayaan yg bersifat sistematis yg mengarahkan tingkah laku seseorang dlm berbagai bidang kehidupan.

6. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

6.1 Sebutkan 4 Ideologi menurut BP7 Pusat :

a. Ideologi konservatif,Yaitu Ideologiyang memelihara keadaan yang ada (Status Quo),setidak-tidaknya secara umum,walaupun membuka kemungkinan perbaikan dalam hal-hal teknis

b. Kontra Ideologi yaitu melegitimasikan penyimpangan yang ada dalam masyarakat sebagai yang sesuai dan malah di angagap baik.

c. Ideologi reformis yaitu berkehendak merubah keadaan.

d. Ideologi revosioner,yaitu Ideologi yang bertujuan mengubah seluruh system masyarakat itu

6.2 Sebutkan berbagai istilah Ideologi :

Istilah ideologi,seperti ideologi negara,ideologi bangsa,dan ideologi nasional

6.3 Dimana Ideologi nasional bangsa indonesia tercermin :

Ideologi nasional nya tercermin dan terkandung dalam pembukaan UUD 1945

6.4 Jelaskan bahwa Ideologi nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 45,adalah Ideologi perjuangan :

yaitu yang sarat dengan jiwa dan semangan perjuangan bangsa untuk mewujudkan negara merdeka,bersatu,berdaulat,adil,dan makmur(bahan penataran.bp-7 pusat,1993).

6.5 Jelaskan bahwa alinea pertama pembukaan UUD 1945 mengandung motivasi,dasar dan Pembenaran perjuangan :

Sebagai warga Negara RI anda belum mengetahui apakah yang di maksud dengan UUD 1945. Bagaimana fungsinya dan kedudukannya dalam tata hukum NegaraRI dan perlu juga mengetahui bagai mana terjadinya pembentuk nya serta keterangan suasana pada waktu UUD 1945 di buat.

6.6 Apa isi alenia kedua Pembukaan UUD 1945 :

Alinea kedua mengandung cita-cita bangsa Indonesia (negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur).

6.7 sebutkan apa isi alinea ketiga pembukaan UUD 45 :

Menyatakan kemerdekaan atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa

6.8 sebutkan isi alinea keempat pembukaan uud 45 ( 4 hal penting ) :

Alinea ke-4 memuat tugas Negara/tujuan nasional,penyusunan UUD, bentuk susunan Negara yang berkedaulatan rakyat dan Dasar Negara pancasila.

6.9 jelaskan mengapa uud 45 memenuhi syarat sebagai Ideologi :

Pembukaan UUD 1945 memenuhi persyaratan sebagai ideologi yang memuat ajaran, doktrin, teori dan atau ilmu tentang cita2 bangsa Indonesia yang di yakini kebenarannya di susun secara sistematis serta di beri petunjuk pelaksanaan nya(bp-7 pusat, 1993).

6.10 Sebutkan pokok pikiran yang tercantum dalam pembukaan UUD 45 :

Pokok - pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 itu tidak lain adalah pancasila,yang kemudian di jabarkan dalam pasal2 dari batang tubuh UUD 1945

6.11 Jelaskan pengertian pancasila sebagai Ideologi nasional :

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diartikan sebagai suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita2 mengenai sejarah ,manusia,masyarakat,hukum,dan Negara Indonesia,yang bersumber dari kebudayaan indonesia

B. MAKNA IDEOLOGI BAGI NEGARA

1. Rangkuman

b. Fisafat adalah merupakan suatu ajaran nilai atau kebenaran yang dijadikan keyakinan atau pandangan hidup suatu bangsa

c. Bagi suatu bangsa kebenaran tersebut,dijadikan Dasar Negara atau Ideologi Negara.

d. Pancasila adalah hasil pikiran manusia untuk mencari kebenaran kemudian sampai mendekati kesanggupan yang di gambarkan sesuai ruang dan waktu

e. Hasil pemikiran manusia Indonesia yang sungguh –sungguh secara sistematis radikal kita,diumuskan dalam kalimat yangmengandung satu pikiran yang bermakna bulat dan utuh untuk dijadikan dasar ,asas,dan pedoman atau norma hidup dan kehidupan bersama dalam rangka perumusan suatu Negara Indonesia merdeka, yang beri nama pancasila

2. Jelaskan pengertian :

a. Pancasila sebagai Ideologi terbuka :

Pancasila berakar pada pandangan hidup dan falsafahhidup bangsa, sehingga dapat berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kecerdasan kehidupan bangsa.

b. Pancasila sebagai Ideologi Negara :

Pancasila mengandung nilai-nilai budaya bangsa indonesia yaitu cara berfikir dan cara kerja perjuangan, juga perlu di pahami dengan latar belakang sejarah konstitusi proklamasi atau hukum dasar kehidupan bangsa, bernegara, dan bermasyarakat yaitu pembukaan, batang Tubuh, serta penjelasan UUD 1945

c. Pancasila bersifat integralistik :

Pancasila bersifat integralistik yaitu paham hakikat Negara yang dilandasi denaga konsep kehidupan bernegara.

3. a. Sebutkan 3 teori (paham) mengenai Dasar Negara :

Teori perseorangan (individualistik), teori golongan (class theory), teori kebersamaan (integralistik)

b. Jelaskan secara singkat !

1. Teori perseorangan adalah masyarakat hukum yang di susun atas kontrak antara seluruh orang dalam masyarakat itu.

2. Teori golongan adalahmerupakan penjelmaan dari pertentangan2 kekuatan ekonomi.negara di pergunakan sebagai alat oleh mereka yang kuat untuk menindas golongan ekonomi yang lemah

3. Teori kebersamaan adalahsuatu susunan masyarakat yang integral dari semua golongan dan semua golongan dari seluruh anggota masyarakat.persatuan masyarakat itu merupakan persatuan masyarakat yang organis

c. Siapakah tokoh-tokohnya :

Soekarno, Natsir, Bhima, Tjokro Aminoto, Ki Hajar Dewantara, Wahhabi, Haji Abdullah Ahmad

4. Jelaskan mengapa pancasila bersifat Integralistik :

a. Mengandung semangat kekeluargaan dalam kebersamaan

b. Adanya semangat kerja sama(gotong royong)

c. Memelihara persatuan dan kesatuan

d. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat

C. PERBANDINGAN IDILOGI PANCASILA DENGAN IDEOLOGI LAIN

1. Sebutkan dan jelaskan secara singkat 2 Ideologi pancasila :

a. Ideologi liberalisme : inggrislah yang memulai timbulnya liberalisme yang di akibatkan oleh alam pemikiran yang di sebut zaman pencerahan yang menyatakan bahwa manusia memberikan penghargaan dan kepercayaan besar pada rasio.liberalisme melihat manusia sebagai makhluk bebas,kebebasan manusia sangat tinggi dengan membawa unsur2 esensial,yaitu rasionalisme,materialisme,dan empirisme,serta individualisme.

b. Ideologi sosialisme : tokoh utama yang mengajarkan komunisme adalah Karl Marx(1818-1883) tokoh sosialis revolusioner yang banyak menulis naskah di bidang social dan ekonomi.ajaran marx kemudian di tambah dengan pandangan Engels dan Lenin,sehingga ajaran komunis melandaskan pada ajaran teori Marxisme-leninisme.ajaran komunis di dasarkan atas kebendaan.oleh karena itu komunisme tidak percaya kepada Tuhan. masyarakat komunis tidak bercorak nasional,masyarakat yang di ciptakan komunis adalah masyarakat komunis dunia yang tidak di batasi oleh kesadaran nasional.

2. Jelaskan perbedaannya dalam proses kelahirannya :

a. Ideologi liberalisme :

Ajaran liberalisme bertitik tolak dari hak asasi yang melekat pada manusia sejak ia lahir dan tidak dapat di ganggu gugat oleh siapapun termasuk penguasa,kecuali dengan persetujuannya.

b. Ideologi sosialisme :

berasal dari Negara perancis social yang berarti kemasyarakatan istilah socialisme pertama kali muncul di perancis sekitar 1830

c. Ideologi pancasila :

berasal dari bahasa yunani yaitu idea dan logika idea berasal dari idien yang berarti melihat idea yang di artikan sesuatu yang ada di dalam pikiran sebagai hasil perumusan suatu pemikiran atau rencana

D. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

1. Sebutkan ciri khas Ideologi terbuka :

Nilai nilai dan cita cita nya tidak di paksakan dari luar, melainkan di gali dan di ambil dari kekayaan rohani, moral, dan budaya dari masyarakatnya sendiri

2. Sebutkan sumber semangat pancasila sebagai Ideologi terbuka (dalam penjelasan unsure UUD 1945) :

Sumber semangat ideologi terbuka Pancasila itu terdapat dalam penjelasan Umum UUD 1945, yang menyatakan, “… Terutama bagi negara baru dan negara muda, lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan pokok, sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada undang-undang yang lebih mudah cara membuatnya, mengubahnya, dan mencabutnya.”

Selanjutnya dinyatakan, “… Yang sangat penting dalam pemerintahan dan dalam hidupnya bernegara ialah semangat, semangat para penyelenggara negara, semangat para pemimpin pemerintahan.”

3. Sebutkan faktor pendorong keterbukaan Ideologi pancasila :

a. Kenyaataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat

b. Kenyataan menunjukkan, bahwa bangkrutnya ideology yang tertutup dan beku cenderung meredupkan perkembangan dirinya

c. Pengalaman sejarah politik kita di masa lampau

d. Tekad untuk memper kokoh kesadaran akan nilai2 dasar pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional

4. Sebutkan 3 dimensi Ideologi :

a. Dimensi Realitas.

Nilai-nilai yang terkandung di dalam dirinya, bersumber dari nilai-nilai nil yang hidup alam masyarakat, sehingga tertanam dan berakar di dalam masyarakat.

b. Dimensi Idealisme.

Mengandung cita-cita yang ingin dicapai dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Cita-cita tersebut berisi harapan yang masuk akal, bukanlah lambungan angan-angan yang lama sekali tidak mungkin direalisasikan.

c. Dimensi Fleksibilitas.

Melalui pemikiran baru tentang dirinya, ideologi itu mempersegar dirinya, memelihara, dan memperkuat re.cvan:inva dari waktu ke waktu. Dari itu dapat kira disimpulkan bahwa suatu ideologi terbuka, karena bersifat demokratis, memiliki apa yang mungkin dapat kita sebut sebagai dinamika internal yang mengandung dan merangsang mereka yang meyakininya untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran baru tentang dirinya tanpa khawatir atau menaruh curiga akan kehilangan hakikat dirinya.

5. Sebutkan batas-batas keterbukaan Ideologi Pancasila :

a. Stabilitas nasional yang dinamis

b. Larangan terhadap ideology marxisme,leninisme,dan komunisme

c. Mencegah berkembang nya paham liberal

d. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisah kan kehidupam masyarakat

e. Penciptaan norma yang baru harus melalui consensus

6. Sebutkan unsure-unsur pancasila sebagai Ideologi terbuka :

a. Nilai dasar yaitu hakikat nilai pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan

b. Nilai instrumental yaitu yang merupakan arahan,kebijakan,strtegi,sasaran serta lembaga pelaksanaan nya.

c. nilai praksis yaitu merupakan realisaai nilai2 instrumental dalam suatu realisasi pengalaman yang bersifat nyata,dalam kehidupan sehari hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara .

7. Sebutkan hakikat pancasila dari Ideologi pancasila ?

Nilai-nilai Pancasila jabarkan dalam norma-norma dasar Pancasila yang terkandung dan tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 sehingga nilai atau norma dasar yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 ini tidak boleh berubah atau diubah, karena itu adalah pilihan dan basil konsensus bangsa yang disebut kaidah pokok Dasar Negara yang fundamental (Stnntsfuiidanicntealuvnu). Pcrwujudan atau pelaksanaan nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai praksis harus tetap mengandung jiwa dan semangat yang sama dengan nilai dasarnya.

8. Sebutkan batas-batas keterbukaan?

a. Stabilitas nasional yang dinamis

b. Larangan terhadap ideology marxisme, leninisme dan komunisme

c. Mencegah berkembangnya paham liberal

d. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat

e. Penciptaan norma yang baru harus melalui consensus

II. PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA

A. Nilai-nilai pacasila pada masa kejayaan nasional ,masa kerajaan majapahit

1. Sebutkan 4 masa dalam upaya memahami dan mengiternalisasi nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

a. Jaman Kutai : sosial politik dan ketuhanan

b. Jaman Majapahit : sumpah palapa

c. Jaman Jepang : menjajikan kemerdekaan tanpa sarat kepada Indonesia

d. Jaman penjajahan : setelah majapahit runtuh maka berkembanglah ajaran agama Islam dengan pesatnya di indonesia

2. Jelaskan pendapat Mr.Muh Ymin,tentang berdirinya Negara kebangsaan Indonesia

bahwa berdirinya Negara bangsa Indonesia tidak dapat di pisah kan dengan kerajaan2 lama yang merupakan warisan nenek moyang bansa indonesia

3. Sebutkan tahap-tahap berdirinya kebangsaan Indonesia

a. Jaman Sriwijaya dibawah wangsa syai lendra(600-1400)

b. Negara kebangsaan jaman Majapahit. (1293-1525) kedua tahap Negara kebangsaan tersebut adalah Negara kebangsaan lama

c. Negara kebangsaan modern, yaitu negara Indonesia merdeka 17 Agustus 1945

4. Sebutkan dokumen-dokumen tertulis yang membuktikan unsure (nilai-nilai) pancasila sudah ada dan dilaksanakan pada masa kejayaan sriwijaya

a. Nilai sila pertama,terwujud dengan adanya umat agama budha dan Hindu hidup berdampingan secara damai

b. Nilai sila ke dua,tejalinnya hubungan antara sri wijaya dengan India

c. Nilai sila ke tiga,sebagai Negara maritime,sri wijaya telah menerapkan konsep negara kepulauan sesuai dengan konvensi wawasan nusantara.

d. Nilai sila ke empat,sri wijaya telah memiliki kedaulatan yang sangat luas , meliputi (Indonesia sekarang)siam, dan semenanjung melayu.

e. Nilai sila ke lima,sri wijaya menjadi pusat pelayanan dan perdagangan, sehingga kehidupan di kehidupan rakyat nya sangat makmur.

5. Sebutkan semboyan beserta arti yang berisi cita-cita kesejahteraaan bersama pada jaman Sriwijaya :

“Bersatu Teguh”

6. Sebutkan bukti-bukti bahwa nilai-nilai budaya pada masa sriwijaya telah menunjukan nilai-nilai pancasila.

Prasasti-prasasti di talaga batu, kedukan bukit, karang brahi, talang tuo dan kota kapur

7. Kapan berdirinya dan kapan berkuasa :

Kira-kira pada abad VII-XII bangsa Indonesia telah mendirikan kerajaan sriwijaya di sumatera selatan pada abad XIII-XVI di dirikan pula kerajaan majapahit di jawa timur



Masa kerajaan Majapahit

1. Sebutkan beberapa kerajaan yang berdiri sebelum Majapahit

a. di Jawa Tengah

Kahuripan, Singasari, Aceh, Pajang

b. di Jawa Timur

Mataram, Sriwijaya

2. Sebutkan nilai-nilai ketuhanan (contoh-contoh) kemanusiaan dan kerakyatan yang tumbuh pada manusia :

a. Nilai ketuhanan tercermin dengan agama Budha, agama Wisnu, dan agama Syiwa sebagai agama yang di akui oleh kerajaan hidup berdampingan secara damai.

b. Nilai-nilai kemanusiaan telah tercermin dalam kerajaan ini, terbukti menurut prasasti Kelagen bahwa Raja Airlangga telah mengadakan hubungan dagang dan bekerja lama dengan Benggala, Chola, dan Champa.

c. Nilai-nilai tentang Kerakyatan telah terwujud, yaitu dengan diangkatnya Airlangga sebagai raja melalui musyawarah antara pengikut Airlangga dengan rakyat dan kaum brahmana.

d. Nilai-nilai keadilan sosial terwujud pada saat raja air langga memerintahkan untuk membuat tanggul dan waduk demi kesejahteraan pertanian rakyat

3. Kerajaan Majapahit :

a. Kapan berdirinya kerajaan Majapahit :

Pada tahun 1293

b. Siapa rajanya yang terkenal :

Raja Hayam Wuruk

c. Siapa Mahapatinya

Gajah Mada yang di bantu Laksamana Mala

d. Sebutkan wilayah kerajaan Majapahit :

dari semenanjung melayu(Malaysia sekarang)sampai irian barat melalui Kalimantan utara

e. Sebutkan 2 pujangga besar yang hidup pada masa kerajaan majapahit besrta karya-karya raja

Mpu Prapanca menulis Negara Kertagama, Mpu Tantular mengarang buku sultasoma

f. Apa isi terpenting dari karya kedua pujangga tersebut ?

Bhineka Tunggal Ika

4. Sebutkan nilai-nilai pancasila yang sudah tumbuh pada masa kerajaan majapahit

a. Sila Ketuhanan
Agama Hindu dan Budha hidup berdampingan.

b. Sila Kemanusiaan
Hubungan yang baik Raja Hayam Wuruk dengan kerajaan Tiongkok , Ayoda, Champa, Kamboja, dan juga mengadakan persahabatan dengan Negara-negara tetangga atas dasar Mitreka Satata.

c. Sila Persatuan
Terwujud dengan keutuhan kerajaan, khususnya Sumpah Palapa yang di ucapkan oleh Gajah Mada pada sidang Ratu dan menteri pada tahun 1331 yang berisi cita-cita untuk mempersatukan seluruh nusantara raya.

d. Sila Kerakyatan
Nilai –nilai musyawarah telah di lakukan oleh system tata pemerintahan Kerajaan Majapahit. Menurut prasati Brumbung (1329) terdapat semacam penasihat kerajaan seperti Rakryan I Hino, I sirikan, dan I Halu yang berarti memeberikan nasihat pada raja. Kerukunan dan gotong royong dalam kehidupan masyarakat telah menumbuhkan adat bermusyawarah untuk mufakat dalam memutuskan masalah bersama.

e. Sila Keadilan Social
Terwujud dari berdirinya kerajaan beberapa abad yang tentunya di topang dengan kesejahteraan rakyatnya.

5. Jelaskan pengertian :

a. Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua

Walaupun bebeda namun satu jua adanya sebab tidak ada agama yang memiliki tuhan yang berbeda.hal ini menunjukan adanya realitas kehidupan agama pada saat itu agama hindu dengan budha

b. Bhineka Satapa

Pengertian yang berasal dari bahasa san sekerta kali maha usadha yang berarti dewa

c. Rakyat I Hino, I Siriakan dan J Halu

Bahwa bangasa indinesia hanya sekedar menerima kebudayaan India yang rakyan maha mentri hino menggan tikan puteri srisanggrawijaya.maha menti dengan pangkat I hino I sirikan

B. Perjuangan Bangsa Indonesia melawan Sistem Penjajahan

1. Sebutkan minimal 4 (empat) bangsa - bangsa Eropa yang pernah masuk ke Indonesia pada XV-XVI :

a. Spanyol

b. Portugis

c. Belanda

d. Inggris

2. Jelaskan mengapa bangsa-bangsa tertarik masuk ke Indonesia :

Kesuburan Indonesia dengan hasil buminya yang melimpah terutamanya rempah – rempah yang dibutuhkan oleh negara – negara diluar Indonesia menyebabkan bangsa asing berduyun – duyun masuk ke Indonesia.

3. Sebutkan hal-hal penting yang menyebabkan Raja-Raja Indonesia tidak mampu melawan bangsa-bangsa Eropa (barat) :

4. Indonesia pernah di jajah selama kurang lebih 350 tahun :

a. jelaskan sampai kapan

b. bangsa-bangsa apa saja yang pernah menjajah Indonesia

c. buat bagannya

Bangsa – Bangsa yang menjajah Bangsa Indonesia

1. Belanda Tahun 1596 s/d 1811

2. Inggris Tahun 1811 s/d 1816

3 .Belanda Tahun 1816 s/d 1942

4. Jepang Tahun 1942 s/d 1945


5. Perjuangan sebelum abad XX :

a. Sebutkan minimal 20 nama-nama pahlawan bangsa, berserta tahun dan daerah asalnya.

1. Sultan Agung ,mataram Jogyakarta(1591-1645)

2. Sultan Ageng Tirtayasa, Banten (1631-1692)

3. Untung Surapati, Bangil (1660-1706)

4. Sultan Hasanuddin, Makasar (1631-1670)

5. Pattimura, Maluku (1817)

6. Martha Kristina Tiahahu, Maluku (1801-1818)

7. Imam Bonjol, Minangkabau(1822-1837)

8. Pangeran Diponegoro, Mataram(1825-1830)

9. Sultan Badaruddin, Palembang (1817)

10. Pangeran Antasari, Kalimantan (1860)

11. Patih Jelantik, Bali (1850)

12. Teuku Umar, Aceh (1873-1904)

13. Cut Nya din, Aceh (1873-1904)

14. Teuku Cik Ditiro, Aceh (1873-1904)

15. Cut Nya’ Meutia, Aceh (1870-1910)

16. Si Singamangaraja, Batak (1900)

17. RA Kartini, Rembang (1879-1904)

18. Dr. GSY Ratulangi, Manado(1890-1949)

19. I Gusti Ngurah Rai, Bali (1917-1946)

20. Moh Yamin (1903-1962)

b. Sebutkan sebab-sebab kegagalan raja-raja Indonesia melawan penjajah :

1. Perlawanan secara fisik terjadi secara sendiri-sendiri di setiap daerah.

2. Tidak adanya Persatuan serta koordinasi dalam melakukan perlawanan.

c. Hikmah yang dapat diambil dari kekalahan Raja-raja melawan penjajah tersebut apa :

Penting sebuah persatuan dan kesatuan untuk melawan para penjajah

6. Kebangkitan Nasional 1908

a. Sebutkan perubahan system(bentuk) pahlawan terhadap penjajah yang dilakukan para pemimpin Indonesia pada awal abad XX :

Mendirikan organisasi politik di samping organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial.

b. sebutkan minimal 7 (tujuh) organisasi yang didirikan para pemimpin Indonesia . sebagai alat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah berserta tahun berdiri dan pemimpinnya :

1. Budi Utomo 20 Mei 1908 Tokohnya dr Sutomo ,dr Wahidin Sudirohusodo.

2. Serikat Dagang Islam (1905).tokohnya H. Samanhudi.

3. Sarikat Islam(1911) HOS Tjokroaminoto.

4. Tiga Serangkai /Indische partij (1913) Pimpinan Douwes dekker, Ciptomangunkusumo, Ki hajar Dewantara.

5. Partai Nasional Indonesia (1927) di pelopori oleh Sukarno.

6. Perhimpunan Indonesia (1922) Tokoh: Moh. Hatta, Ahmad Subardjo, Natzir Pamontjak, Abdul Majid Joyodiningrat

7. Sumpah Pemuda 1928

a. Kapan berlangsung sumpah pemuda :

Pada tanggal 20 Oktober 1928

b. Sebutkan (minimal 5 toko ) sumpah pemuda :

1. Soegondo Djojopoespito (PPPI)

2. R.M. Djoko Marsaid (Jong Java)

3. Mohammad Jamin (Jong Sumateranen Bond)

4. Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond)

5. Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond)

c. Apa tujuan sumpah pemuda :

Suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa

d. Sebutkan isi sumpah pemuda (asli) :

Pertama : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA,MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,BANGSA INDONESIA

Ketiga : KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN,BAHASA INDONESIA

e. Dimana berlangsungkan sumpah pemuda :

Jalan Kramat Raya 106 Jakarta. waktu itu adalah rumah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong

f. Lagu apa yang untuk pertama kali diperdengarkan , siapa penciptanya :

Lagu Indonesia Raya (diciptakan tahun 1924 di Bandung, pada waktu ia berusia 21 tahun) pertama kali dimainkan pada Kongres Pemuda (Sumpah Pemuda) tanggal 28 Oktober 1928. Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, lagu yang dikarang oleh Wage Rudolf Soepratman ini dijadikan lagu kebangsaan

g. Jelaskan fungsi dan peranan bahasa Indonesia :

salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan ataupun tulisan. Menurut saya Bahasa Indonesia merupakan suatu alat komunikasi bagi manusia yang berupa ucapan yang dihasilkan oleh manusia, dari bentuk pikiran seseorang yang kemudian diterjemehkan dalam bentuk verbal. Dalam kata lain bahasa bukan saja hanya berbentuk suatu ucapan melainkan banyak macam yang bisa dijadikan alat komunikasi diantaranya adalah bahasa sebagai alat ekspresi diri, bahasa sebagai penentu jati diri dalam perjalanan hidup, bahasa sebaga alat integrasi dan adaptasi social, dan bahasa sebagai alat control social. Menurut sebagaian orang bahwa bahasa bukan sekedar alat komunikasi, bahasa itu bersistem. Oleh karena itu, bahasa bukan sekedar komunikasi, berbahasa perlu menaati kaidah atau aturan bahasa yang berlaku . Maka dalam penulisa ilmiah itu harus sistematik, eksplanasi, dan terkontrol. Menyusun suatu karya tulis ilmiah bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan sederhana. Disamping penulisan harus menguasai keterampilan dan pengetahuan bahasa yang baik dan benar, diperlukan pula pemahaman kaidah penulisan ilmiah serta persyaratannya

h. Pasal berapa dalam UUD 1945 yang mengatur bahasa Indonesia :

Pasal 36 yang bahasa Negara ialah Bahwa Indonesia

8. Perjuangan bagsa Indonesia pada masa penjajahan jepang

a. Kapan perang pasifik meletus, Antara siapa dengan siapa perang pasifik ditandai dengan apa perang pasifik :

b. Kapan jepang masuk ke Indonesia saat itu Indonesia dijajah siapa :

c. Kapan belanda menyerah kepada jepang ? dimana

d. Apa propaganda jepang terhadap bangsa Indonesia . Taktik apa yang dilakukan jepang untuk numeric hati rakyat Indonesia ?

e. Kekejaman jepang tidak berbeda dengan belanda jelaskan dan buktikan ?

f. Sebutkan 2 (dua) buah janji jepang terhadap belanda terhapap bangsa Indonesia ?

g. Jelaskan, apakah janji tersebut ditepati jepang :

C. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

1. Sebagai tindak lanjut janji jepang, kepada bangsa Indonesia :

a. di bentuk badan apa :

Badan penyelidikan usaha persiapan kemerdekaan Indonesia . (BPUPKI)

b. Kapan :

Tanggal 29 April 1945

c. Siapa Pemimpinnya : Dr. Radjiman Wedyodiningrat

d. Berapa Jumlah anggotanya : 63 orang

e. Apa tugasnya :

1. Sebagai representasi perwakilan seluruh rakyat Indonesia

2. Sebagai lembaga resmi yang mempunyai kewenangan untuk mengesahkan UUD Negara

3. Sebagai lembaga yang dapat memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden

4. Sebagai lembaga pendiri negara Republik Indonesia

5. Sebagai lembaga tertinggi dalam Negara Republik Indonesia

f. dimana dilaksanakan sidang :

1. Rapat pertama di jalan pejambon 6 (gedung pancasila)

2. Rapat Kedua di Rumah Laksamana Maeda di Jl. Imam Bonjol No. 1 (sekarang gedung perpustakaan Nasional-Depdiknas)

2. BPUPKI

a. kapan Mulai sidang :

Rapat pertama dimulai tanggal 28 mei 1945 s/d 1 juni 1945

b. Sebutkan masa – masa sidang BPUPKI selama berdirinya :

== Masa antara Rapat Pertama dan Kedua ==

Sampai akhir rapat pertama, masih belum ditemukan kesepakatan untuk perumusan Dasar Negara, sehingga akhirnya dibentuklah panitia kecil untuk menggodok berbagai masukan. Panitia kecil beranggotakan 9 orang dan dikenal pula sebagai '''Panitia Sembilan''' dengan susunan sebagai berikut:

1. Ir. Soekarno (ketua)

2. Drs. [[Moh. Hatta]] (wakil ketua)

3. Mr. [[Achmad Soebardjo]] (anggota)

4. Mr. [[Muhammad Yamin]] (anggota)

5. [[Wahid Hasjim|KH. Wachid Hasyim]] (anggota)

6. Abdul Kahar Muzakir (anggota)

7. [[Abikoesno Tjokrosoejoso]] (anggota)

8. H. [[Agus Salim]] (anggota)

9. Mr. [[Alexander Andries Maramis|A.A. Maramis]] (anggota)

Setelah melakukan kompromi antara 4 orang dari kaum kebangsaan (nasionalis) dan 4 orang dari pihak Islam, tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan kembali bertemu dan menghasilkan rumusan Dasar Negara yang dikenal dengan [[Piagam Jakarta]] (''Jakarta Charter'') yang berisikan:

a. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Persatuan Indonesia

d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

e. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

3. Jelaskan, siapa yang berbicara, kapan dan apa isinya pada masa siding pertama BPUPKI :

Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung ''[[Volksraad]]'', lembaga DPR pada jaman kolonial Belanda.

Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema Dasar Negara. Pada rapat pertama ini terdapat 3 orang yang mengajukan pendapatnya tentang Dasar Negara.

Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr.Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:

1. Peri Kebangsaan

2. Peri Ke Tuhanan

3. Kesejahteraan Rakyat

4. Peri Kemanusiaan

5. Peri Kerakyatan

Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu

1. Persatuan

2. Mufakat dan Demokrasi

3. Keadilan Sosial

4. Kekeluargaan

5. Musyawarah

Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila

a. Kebangsaan Indonesia

b. Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan

c. Mufakat atau Demokrasi

d. Kesejahteraan Sosial

e. Ketuhanan yang Maha Esa

Kelima asas dari Soekarno disebut Pancasila yang menurut beliau bilamana diperlukan dapat diperas menjadi Trisila atau Tiga Sila yaitu:

a. Sosionasionalisme

b. Sosiodemokrasi

c. Ketuhanan yang berkebudayaan

Bahkan masih menurut Soekarno, Trisila tersebut di atas bila diperas kembali disebutnya sebagai Ekasila yaitu merupakan sila ''gotong royong'' merupakan upaya Soekarno dalam menjelaskan bahwa konsep tersebut adalah dalam satu-kesatuan. Selanjutnya lima asas tersebut kini dikenal dengan istilah Pancasila, namun konsep bersikaf kesatuan tersebut pada akhirnya disetujui dengan urutan serta redaksi yang sedikit berbeda.

Sementara itu, perdebatan terus berlanjut di antara peserta sidang BPUPKI mengenai penerapan aturan Islam dalam Indonesia yang baru.

4. Apa status Dasar Negara yang di usullkan dalam pembicaraan :

Status Quo (Status Politik Indonesia)

5. Piagam Jakarta (22 juni 1945 )

a. Siapa penyusunnya: sembilan panitia

1. Ir.Soekarno

2. Drs. Mohammad Hatta

3. A.A. Maramis

4. Abikusno Tjokrosujoso

5. Abdulkahar Muzakir

6. H.A. Salim

7. Achmad Subardjo

8. Wachid Hasjim

9. Muhammad Yamin

b. Piagam Jakarta tersebut di jadikan apa dalam UUD 1945 :

Piagam Jakarta dijadikan Muqaddimah ( Preambule).

c. Rumusan Dasar Negara dalam piagam Jakarta statusnya bersifat apa :

Statusnya bersifattidak terbatas

d. Dari seluruh usulan dan konsep Dasar Negara rumusan mana yang lebih mendekati dengan rumusan Dasar Negara yang Otentik :

Yang lebih mendekati adalah Rumusan Piagam Jakarta

6. Pembentukan PPKI

a. Kapan di bentuk PPKI :

PPKI dibentuk pada tanggal 9 agustus 1945

b. Siapa ketua dan wakil ketua :

Ketuanya Ir.Soekarno dan wakilnya Drs.Moh.Hatta

c. Berapa anggotanya :

Beranggotakan 25 orang

d. Apa tugas mula-mulanya

Mula-mula badan ini bertugas memeriksa hasil badan penyelidik

e. Apa tugas dan fungsinya kemudian

1. Mewakili seluruh bangsa Indonesia

2. Sebagai pembentuk negara

3. Menurut teori hokum badan ini mempunyani wewenang meletakkan Dasar Negara

f. Kapan jepang menyerah kepada sekutu

Tanggal 14 agustus 1945, jepang menyerah kepada sekutu

g. Apa yang dilakukan para pemimpin Indonesia setelah jepang menyerah

Para pemuda khususnya segera menanggapi situasi ini dengan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan PPKI sebagai wakil bangsa Indonesia, naskah proklamasi ditandatangani oleh Ir.soekarno dan Drs.Moh.hatta atas nama bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945

7. Proklamasi kemerdekaan RI

a. Kapan proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan (hari,tanggal,waktu,tempat)

Hari juma’t tanggal 17 agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pengangsaan Timur no.56

b. Siapa yang memproklamasikan

Ir. Soekarno

c. Atas nama siapa

Atas nama bangsa Indonesia

d. Tulis text proklamasi secara baik dan benar

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia hal-hal yang mengenai perpindahan kekuasaan d.l.l diselenggarakan dengan cara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, tanggal 17 bulan 8 tahun 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno / Hatta

e. Sebagai sumber apa proklamasi kemerdekaan RI , 17 agustus 1945 bagi bangsa Indonesia

1. Lahirlah tata hukum Indonesia sekaligus dihapusnya tata hukum kolonial

2. Merupakan sumber hukum bagi pembentukan negara Indonesia

8. Makna dan arti proklamasi kemerdekaan 17 agustus bagi bangsa Indonesia

a. Sebutkan makna dan arti proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 bagi bangsa dan rakyat Indonesia

· Proklamasi merupakan titik puncak perjuangan bangsa

· Proklamasi merupakan sumber lahirnya RI

· Proklamasi merupakan norma hukum pertama

b. Tulis text proklamasi secara baik dan benar

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia hal-hal yang mengenai perpindahan kekuasaan d.l.l diselenggarakan dengan cara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, tanggal 17 bulan 8 tahun 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno / Hatta

c. Mana text proklamasi yang syah, yang di tulis atau yang di ketik

Yang di ketik

d. Jelaskan mengapa bung karno dan bung hatta memproklamirkan kemerdekaan RI atas nama rakyat Indonesia

Karena seluruh rakyat Indonesia berhak mendapat kemerdekaan

e. Sebutkan 5 tahap perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan

I : Perlawanan terhadap penjajah barat thn.1908

II : Perjuangan dengan menggunakan organisasi

III : Perjuangan dengan nasiaonalisme

IV : Perjuangan melalui taktik kooperasi & non kooperasi

V : Perjuangan bangsa melawan penjajah sampai kepada puncak, yaitu proklamasi kemerdekaan RI

9. Proses pengesahan pancasila sebagai Dasar Negara dan UUD 1945

a. Kapan pancasila disahkan sebagai Dasar Negara

Sehari setelah proklamasi yaitu 18 Agustus 1945

b. Siapa yang mengesahkan pancasila sebagai Dasar Negara

PPKI (Panitia Pelaksana Kemerdeakaan Indonesia)

c. Jelaskan pengesahan pancasila sebagai Dasar Negara bersama dengan pengesahan undang-undang 1945

Melakukan beberapa perubahan pada piagam Jakarta yang kemudian berfungsi sebagai pembukaan UUD1945

d. Sebutkan hasil keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

1. Mengesahkan UUD 1945

a. Melakukan beberapa perubahan pada piagam Jakarta yang kemudian berfungsi sebagai pembukaan UUD 1945

b. Menetapkan rancangan hukum dasar yang telah diterima badan penyidik pada tanggal 17 juli 1945, setelah mengalami berbagai perubahan karena berkaitan dengan perubahan piagam Jakarta yang kemudian berfungsi sebagai UUD 1945

2. Memilih Presiden dan Wakil Presiden

3. Menetapkan berdirinya Komite Nasioanal Indonesia Pusat sebagai badan musyawarah darurat

e. Jelaskan mengapa presiden den wakil presiden ditetapkan pertama kali oleh PPKI

Karena Presiden adalah salah satu syarat mutlak pembentukan suatu negara

10. Buat skema piagam Jakarta menjadi pembukaan UUD 1945

No

Piagam Jakarta

Pembukaan UUD 1945

1

Mukadamah

Pembukaaan

2

“… dalam suatu hukum dasar”

“…dalam suatu uud negara”

3

“… dengan mendasarkan kepada ketuhanan dan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk2nya”

“…dan dengan berdasarkan kepada ketuhanan yang maha esa”

4

“… menurut dasar kamanusiaan yang adil dan beradab”

“… kemanusiaan yang adil dan beradab”

D. PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN DAN MENGISI KEMERDEKAAN

1. Sebutkan 5 masa periode perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ?

a. Revolusi fisik

b. Masa demokrasi liberal

c. Masa orde lama

d. Masa orde baru

e. Masa era global

2. Jelaskan :

a. Mengapa masa pertama dalam periode perjuangan ini disebut masa revolusi fisik

Karena pada masa tersebut UUD 1945 dibentuk dalam waktu singkat dan secara keseluruhan oleh badan penyidik usaha persiapan kemerdekaan indonesia dan panitia persiapan kemerdekaan Indonesia.

b. Mengapa lembaga-lembaga negara pada masa ini belum dibentuk

Perlu disadari bahwa untuk membentuk lembaga-lembaga negara tingkat pusat, serta peraturan perundangan sebagai mana dikehandaki oleh UUD 1945 membutuhkan waktu lama, apalagi pada waktu itu segala tanaga, pikiran, dan perhatian masih dipusatkan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia

c. apa isi maklumat presiden no.x dan apa tujuannya

Isi maklumat : memberikan kekuasaan legislative kepada komite nasional Indonesia pusat

Tujuannya untuk dibentuknya badan yang ikut bertanggung jawab tentang nasib bangsa dan negara Indonesia disamping pemerintah

3. pada masa periode demokrasi liberal terjadi beberapa penyimpangan dari tujuan proklamasi kemerdekaan :

a. Jelaskan buki-bukti bahwa belanda masih berniat menjajah kembali bangsa Indonesia

· Megusahakan terbentuknya RIS, dimana nantinya negara RI hanya bersetatus negara bagian saja

· Membentuk negara-negara kecil yang bersifat kedaerahan beserta dengan pemerintahannya

b. Sebutkan 6 contoh negara-negara kecil yang di bentuk belanda

· Negara Indonesia Timur (1946)

· Negara Sumatra Timur (1947)

· Negara Pasundan (1948)

· Negara Sumatra Selatan (1948)

· Negara Jawa Timur (1948)

· Negara Madura (1948)

c. Apa tujuan belanda membentuk negara-negara kecil

· Mempersempit wilayah republik Indonesia

· Mematahkan semangat juang negara indonesia

4. Sebutkan 3 persetujuan beserta tanggal dan tempatnya yang diadakan belanda dan RI :

· Perjanjian linggar jati tgl 25 maret 1947 (di cirebon)

· Perjanjian renvile tgl 17 maret 1948 (di bandung)

· Konfernsi meja bundar tgl 23 agustus 1949 s.d 2 november 1949 di den hagg (belanda)

5. Bagaimana isi dari perjanjian tersebut bagi bangsa dan negara RI

Isi perjanjian tersebut hakikatnya mempersempit wilayah indonesia

6. Apa isi perjanjian KMB

· Didirikannya negara republik Indonesia serikat

· Pengakuan kedaulatan oleh pemerintah belanda pada pemerintah negara republik Indonesia serikat

· Didirikannya uni negara Indonesia serikat dan kerajaan belanda

7. Sebutkan 2 kali agresi belanda terhadap wilayah RI

Agresi pertama terjadi tanggal 21 Juli 1947 dan agresi kedua terjadi pada tanggal 19 Desember 1948

8. a. Kapan terbentuk negara kesatuan RI

Tanggal 19 Mei 1950

b. Siapa perdana menterinya

Kabinet di pimpin oleh Drs. Moh. Hatta serta pemimpin moderat sekitarnya

c. UUD mana yang berlaku pada masa NKRI

Undang-undang dasar sementara 1950

9. Sebutkan beberapa tokoh pemberontakan (min.7) beserta tokoh-tokohnya yang sangat merugikan RI

PKI Madiun (Muso, Amir Syarifudin)

PRRI di Sumatra (Syarifudin Prawiranegara)

Angkatan Perang Ratu Adil /APRA( Westerling)

Republik Maluku Selatan /RMS ( Soumukil)

DI/TII di Jawa Barat (Sekarmadji Mardjan Kartosoewirjo)

DI/TII di Aceh ( Duad Beureuh)

DI/TII di Makasar ( Kahar Muzakar)

Gerakan 30 September/ PKI (DN. Aidit, Untung cs)

10. Sebutkan beberapa penyimpangan dan UUD 1945 pada masa orde lama

a. Pembubaran DPR hasil pemilu thn 1955 melalui penetapan presiden no.4 thn.1960 dgan di bentuk dewan perwakilan rakyat gotong-royong yang anggotanya di angkat dan di berhentikan oleh presiden

b. Pembentukan MPRS yang anggotanya di berhentikan oleh presiden

c. Pembentukan DPA dan MA dengan penetapan presiden dan anggotanya diangkat dan di berhentikan oleh presiden

d. Lembaga-lembaga negara di pimpin sendiri oleh presiden

e. Mengangkat presiden seumur hidup melalui ketetapan MPRS No.II / MPRS / 1963 dan Tap MPR No.III / MPRS / 1963

f. Melalui ketetapan MPRS No.I / MPRS / 1963 manifesto politik dari presiden di jadikan GBHN

g. Hak budget DPR tidak berjalan karena pemerintah tidak mengajukan Ruu APBN yang di ajukan presiden, maka DPR di bubarkan 1960

h. Menteri yang seharusnya yang menjadi lembaga dewan perwakilan rakyat yang tugasnya Mengawasi pemerintah, malah sebaliknya harus tunduk pada kebijakan presiden

11. Sebutkan isi Dektrit Presiden

a. Membubarkan Konstituante

b. Menetapkan berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlaku lagi UUDS 1950

c. Dibentuknya MPRS dan DPAS dalam waktu yang sesingkat-singkatnya

12. Sebutkan isi Tri Tura

a. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya

b. Perombakan kabinet DWIKORA

c. Turunkan harga dan perbaiki sandang-pangan

13. sebutkan beberapa pro kondisi yang menonjol dari perokonomian pada masa orde baru

a. Stabilitas politik dan ekonomi

b. SDM yang berkualitas

c. System ekonomi yang terbuka yang western oriented

d. Kondisi ekonomi & politik dunia yang lebih baik

e. Kemauan yang kuat ( political will)

14. Sebutkan beberapa kelemahan pembangunan orde baru

a. Sumber2 ekonomi dinikmati hanya segelintir pelaku ekonomi yang dekat dengan kekuasaan

b. Kepantingan ekonomi dan kepentingan politik menyatu di dalam format kolusi ekonomi

c. Kekuasaaan menjadi media yang subur bagi restributve combine diantara segelintir orang

d. Perburuan rente sangat subur dalam situasi politik dan ekonomi yang tertutup

15. Sebutkan isi TAP MPR No.VII / MPR/2001

a. Visi indoneesia masa depan ialah cita-cita luhur sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945

b. Visi 5 tahun dirumuskan dalam garis-garis besar haluan negara

c. Visi antara masa depan dan 5 tahunan disebut visi Indonesia 2020

16. Apa Visi Indonesia 2020

Terwujudnya masyarakat yang religius, manusiawi, bersatu, demokratis, adil, sejahtera, maju, mandiri serta baik dan bersih dalam penyelenggaraan Negara

17. Sebutkan 7 hal tantangan dalam upaya mewujudkan visi Indonesia 2020

a. Pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa

b. System hukum yang adil

c. System politik yang demokratis

d. System ekonomi yang adil dan produktif

e. System social budaya yang beradab

f. Sumber daya manusia yang bermutu

g. Globalisasi

III. PANCASILA DALAM KONTEKS KENEGARAAN RI

Penjelasan :

1. Pembahasan dalam Pokok Bahasan ini bertujuan memahami system Ketatanegaraan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 ?

2. Materi Pendalaman Meliputi:

2.1 Pengertian; Kedudukan; Sifat dan Fungsi UUD 1945 ?

2.2 Pembukaan UUD 1945

2.3 Pasal-Pasal dan Penjelasan UUD 1945

A. SISTEM KETATANEGARAAN RI BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945

1. Sebutkan 2 Kedudukan, Fungsi dan peranan pokok Pancasila bag Bangsa dan Negara RI :

a. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.

b. Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Sebutkan mini 4 contoh dan jelaskan pengertiannya, kedudukan, fungsi dan peranan Pancasila selai 1 kedudukan pokok tersebut :

a. Pancasila sebagai Filsafat

Dalam kehidupan bangsa Indonesia diakui bahwa nilai – nilai Pancasila adalah falsafah hidup atau pandangan hidup yang berkembang dalam sosial budaya Indonesia. Nilai Pancasila dianggap nilai dasar dan puncak atau sari budaya Indonesia.

b. Pancasila sebagai etika Politik

Etika berkaitan dengan norma moral, yaitu norma untuk mengukur betul salahnya tindakan manusia sebagai manusia. Dengan demikian, etika politik mempertanyakan tanggung jawab dan kewajiban manusia sebagai manusia dan bukan hanya sebagai warga negara terhadap negara, hukum yang berlaku dan lain sebagainya.

c. Pancasila sebagai ideologi nasional

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diartikan sebagai suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita – cita mengenai sejarah, manusia, masyarakat, hukum, dan negara Indonesia yang bersumber dari kebudayaan Indonesia.

d. Pancasila sebagai Paradigma kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara berdasarkan hakikatnya manusia dalam kenyataan objektif bersifat ganda. Berdasarkan kajian paradigma ilmu pengetahuan sosial tersebut kemudian dikembangkan metode baru, yaitu metode kualitatif.

3. Jelaskan pengertian :

a. Hukum Dasar :

Hukum Dasar berasal dari terjemahan bahasa Belanda yaitu recht artinya hukum itu bisa tertulis atau tidak tertulis. Jadi segala recht yang tertulis dan tidak tertulis dapat disalin dengan perkataan hukum.

b. Pembagiaan Hukum Dasar :

Pembagian Hukum dasar yaitu hukum dasar tertulis (undang – undang dasar) dan hukum dasar tidak tertulis (konvensi)

c. UUD :

UUD ialah kumpulan aturan atau ketentuan dalam suatu kodifikasi mengenai hal yang mendasar atau pokok ketatanegaraan suatu negara sehingga kepadanya diberikan sifat kekal dan luhur.

d. Konvensi :

Konvensi adalah hukum dasar yang tidak tertulis.

4. Jelaskan :

a UUD 1945 :

UUD 1945 adalah hukum dasar yang tertulis, yang mempunyai arti bahwa UUD 1945 mengikat pemerintah, setiap lembaga negara, lembaga masyarakat, dan seluruh warga negara Indonesia di mana pun mereka berada dan setiap pendudukan yang berdomisili di wilayah negara Republik Indonesia.

b. Kapan, dimana dan dalam siaran apa pertama kali di siarkan :

UUD 1945 pertama kali disiarkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan disiarkan secara resmi oleh RRI (Radio Republik Indonesia)

c. Kapan dan badan apa yang mengesahkan pertama kali :

Pada Tanggal 18 Agustus 1945 pertama kali di tetapkan oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia)

d. Jelaskan tentang kedudukan UUD 1945:

UUD 1945 mempunyai peranan penting sebab merupakan landasan struktural dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Sebagai landasan struktural dalam penyelenggaraan pemerintahan negara yang berisi aturan atau ketentuan pokok atau dasar ketatanegaraan, bahkan lebih dari itu, yaitu untuk menjamin suatu sistem atau bentuk negara serta cara penyelenggaraannya beserta hak – hak dan kewajiban rakyatnya, maka undang – undang dasar harus diberikan sifat yang kekal dan luhur.

e. Jelaskan Sifat UUD 1945:

Berdasarkan sifatnya sebagai hukum negara tertinggi, yang berisi aturan pokok atau dasar, undang – undang dasar seharusnya diberikan sifat untuk tidak diganti- dengan undang – undang dasar lain, apabila dengan pergantian tersebut akan membawa dampak yang fundamental sehingga hakikatnya akan merupakan pergantian negara.

f. Fungsi UUD 1945 :

Sebagai alat kontrol, alat untuk mengecek apakah norma hukum yang lebih rendah yang berlaku itu sesuai atau sesuai dengan ketentuan undang-undang dasar.

5. a. Berisi tentang apa Tap MPR No.III/MPR/2000 :

Tap MPR No.III/MPR/2000 berisikan tentang Sumber Hukum dan peraturan Perundang-undangan menjelaskan bahwa pengertian Undang – Undang Dasar 1945 adalah hukum dasar tertulis negara Indonesia.

b. Sebutkan Jasa urutan peraturan perundangan menurt Tap MPR No.III/MPR/2000 :

1. Undang – Undang Dasar 1945

2. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia

3. Undang – Undang

4. Peraturan Pemerintah pengganti undang – undang (Perpu)

5. Peraturan Pemerintah

6. Keputusan Presiden

7. Peraturan Daerah

6. Pembukaan UUD 1945 :

a. Jelaskan merupakan sumber apa Pembukaan UUD 1945 bagi bangsa Indonesia :

Pembukaan UUD 1945 merupakan sumber dan cita – cita hukum dan cita – cita moral yang ingin ditegakkan, baik dalam lingkungan nasional maupun dalam hubungan pergaulan bangsa – bangsa di dunia.

b. Jelaskan Pembukaan UUD 1945 mengandung arti yang dalam dan lestari :

Pembukaan UUD 1945 juga mempunyai arti yang dalam dan lestari, karena mampu menampung dinamika masyarakat dan akan tetap menjadi landasan perjuangan bangsa Indonesia selama bangsa Indonesia tetap setia kepada negara Proklamasi 17 Agustus 1945.

7. Jelaskan hubungan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan Pembukaan UUD 1945 :

Merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dari Proklamasi 17 Agustus 1945. Proklamasi pada hakikatnya adalah pencetusan dari segala perasaan yang sedalam – dalamnya yang terbenam dalam kalbu rakyat Indonesia. Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 telah melukiskan pandangan hidup, tujuan hidup, falsafah hidup, dan rahasia hidup kita sebagai bangsa. Apabila Proklamasi itu merupakan suatu proclamation of independence, maka Pembukaan UUD 1945 merupakan declaration of independence dari Republik Indonesia.

8. Apa arti Pembukaan UUD 1945, merupakan pokok – pokok kaidah Negara yang Fundamental :

Pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah – kaidah negara yang fundamental artinya dasar – dasar pokok menjadi landasan dan peraturan hukum yang tertinggi bagi hukum – hukum yang lainnya, termasuk hukum dasar tertulis maupu yang tidak tertulis.

9. Sebutkan 2 kaidah Negara fundamental yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 :

1. Dasar – dasar pembentukan negara.

2. Ketentuan diadakannya undang – undang dasar nrgara.

10. Sebutkan makna yang terkandung dalam aleni – alenia Pembukaan UUD 1945 :

a. Alenia Pertama makna yang terkandung :

- Adanya keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia menghadapi masalah Kemerdekaan melawan penjajah.

- Tekad bangsa Indonesia untuk tetap berdiri di barisan paling depan untuk menentang dan menghapuskan penjajahan diatas dunia.

- Pengungkapan suatu dalil objektif, yaitu bahwa penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peradilan, oleh karenanya harus dihapuskan agar semua bangsa di dunia ini dapat menjalankan hak dan kemerdekaannya sebagai hak asasi.

- Pengungkapan suatu dalil subjektif, yaitu aspirasi bangsa Indonesia sendiri untuk membebaskan diri dari penjajahan.

b. Alenia Kedua makna yang terkandung :

- Perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampai pada saat yang menentukan.

- Momentum yang telah dicapai itu harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan.

- Kemerdekaan tersebut bukan merupakan tujuan akhir, tetapi masih diisi dengan usaha mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

c. Alenia Ketiga makna yang terkandung :

- Motivasi spiritual yang luhur bahwa kemerdekaan bangsa kita berkat rahmat dari Tuhan.

- Keinginan yang didambakan oleh segenap bangsa Indonesia untuk hidup yang berkeseimbangan antara kehidupan material dengan spiritual dan kehidupan dunia dengan akhirat.

- Pengukuhan melalui proklamasi kemerdekaan sebagai suatu negara yang berwawasan kebangsaan.

d. Alenia Keempat makna yang terkandung :

Tujuan sekaligus fungsi negara Indonesia, yaitu;

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

2. Memajukan kesejahteraan umum.

3. Menceerdaskan kehidupan bangsa.

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berkedaulatan, kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

- Negara Indonesia terbentuk Republik dan berkedaulatan Rakyat.

- Negara Indonesia mempunyai dasar falsafah Pancasila.

11. Sebutkan 4 pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 :

a. Pokok pikiran Pertama : “Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasarkan atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”

b. Pokok Pikiran kedua : Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat”

c. Pokok Pikiran ketiga : “Negara yang berkedaulatan rakyat berdasarkan atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan”

d. Pokok Pikiran keempat : “Negara berdasarkan atas ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab”

12. Sebutkan 7 kunci pokok sistem Pemerintahan Negara RI menurut UUD 1945 :

1. Indonesia ialah Negara yang berdasarkan atas Hukum (reschsstaat)

2. Sistem Konstitusional

3. Kekuatan Negara yang tertinggi di Tangan Majelis Permusyawaratan Rakyat (dieresamte Staatgewalt liegt allein bei der Majelis)

4. Presiden ialah Penyelenggara Pemerintah Negara yang tertinggi di bawah Majelis

5. Presiden tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan rakyat

6. Menteri Negara ialah Pembantu Presiden, Menteri Negara tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat

7. Kekuasaan kepala Negara tidak tak Terbatas

13. Sebutkan perbedaaan Lembaga – lembaga tertinggi Negara ialah MPR sedangkan lembaga – lembaga tinggi negara ialah :

- Presiden

- Dewan Pertimbangan Agung

- Dewan Perwakilan Rakyat

- Badan Pemeriksa Keuangan

- Mahkamah Agung

Berdasarkan perubahan UUD 1945 tidak mengenal lembaga tertinggi dan tinggi negara, melainkan lembaga kekuasaan negara yang tediri :

- Lembaga Legislatif, yaitu MPR terdiri atas DPR dan Dewan Perwakilan Daerah

- Lembaga eksekutif, yaitu Presiden dan Wakil Presiden

- Lembaga yudikatif yang memegang kekuasaan kehakiman, terdiri atas Mahkamah

Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial.

14. Sebutkakn perbedaan MPR sebelum dan sesudah Amandemen UUD 1945 (Pakai Matrix) :

Perbedaan

Sebelum perubahan

UUD 1945

Sesudah perubahan

UUD 1945

Komposisi

DPR, utusan daerah, dan golongan

Anggota DPR dan DPD

Rekrutmen

DPR (lewat Pemilu dan diangkat), utusan daerah dan golongan yang diangkat

Seluruh anggota DPR dan DPD dipilih lewat Pemilu

Legislasi

Oleh DPR

Kekuasaan legislasi ada di DPR, DPD juga dapat mengajukan dan membahas RUU berkaitan dengan otonomi daerah

Kewenangan

Tak terbatas

Terbatas tga, yaitu mengubah UUD, melantik Presiden/Wakil Presiden, dan impeachment

15. Buat bagan lembaga – lembaga Negara dalam UUD 1945 sebelum dan sesudah Amandemen UUD 1945



DPR


>Struktur Ketatanegaraan Sesudah Perubahan UUD 1945

UUD 1945



BPK

Text Box:        DPR ---------------- DPR    DPD Text Box:  PRESIDEN _ _ _ _ _ _ _    WAPRES



LEGISLATIF EKSEKUTIF YUDIKATIF

Keterangan :

MK : MAHKAMAH KONSTITUSI

MA : MAHKAMAH AGUNG

KY : KOMISI YUDISIAL

16. Sebutkkan Tap MPR yang menetapkan Piagam HAM :

Tap MPR NO.XVII/MPR/1998 terdiri atas 10 bab yang mengatur HAM :

1. Hak untuk Hidup (bab I)

2. Hak Berkeluarga dan Melanjutkan Keturunan (Bab II)

3. Hak Mengembangkan Diri (Bab III)

4. Hak Keadilan (Bab V)

5. Hak Kemerdekaan (Bab VI)

6. Hak Kebebasan Informasi (Bab VI)

7. Hak Keamanan (Bab VIII)

8. Hak Kesejahteraan (Bab VIII)

9. Kewajiban (Bab IX)

10. Perlindungan dan Kemajuan (Bab X)

17. Sebutkan Pasal – pasal dalam UUD 1945 yang mengatur lambang – lambang Persatuan Indonesia :

1. Pasal 35 menetapkan Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

2. Pasal 36 menetapkanBahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.

3. Pasal 36A menetapkan Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

4. Pasal 36B menetapkan Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya.

5. Pasal 36C menetapkan Ketetuan lebih lanjut mengenai Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan diatur dengan undang – undang.

18. Sebutkakn kelemahan – kelemahan UUD 1945 sebelum di amandemen menurut Moh. Mahmud MD (ada 4):

- Tidak ada mekanisme chek and balance.

- Terlalu banyaknya atribut kewenangan.

- Adanya pasal – pasal yang multitaster.

- Terlalu percaya pada semangat orang (penyelenggara negara).

19. Untuk menampung aspirasi yang terkandung dalam semangat reformasi untuk melakukan amandemen terhadap UUD 1945, Sebutkan Tap-Tap MPR yang menjadi landasan Konstitusional amandement UUD 1045 :

a. Pencabutan ketetapan MPR tentang Referendum (dengan Tap. No.VIII/MPR/1998)

b. Pembatasan Masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden (Tap.No.XIII/MPr/1998)

c. Pernyataan Hak Asasi Manusia (Tap.No.XVII/MPR/1998)

d. Pencabutan Ketetapan MPR No.II/MPR/1978 tentang P-4 dan Penetapan tentang Penegasan Pancasila sebagai Dasar Negara (Tap.No.XVIII/MPR/1998)

e. Perubahan Pertama UUD 1945 pada tanggal 19 Oktober 1999.

f. Perubahan Kedua UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 2000.

g. Sumber Hukum dan Tata Urutan Perundang – undangan (Tap.No.III/MPR/2000)

h. Perubahan Ketiga UUD 1945 pada tanggal 1-10 November 2001.

i. Perubahan Keempat (terakhir) UUD 1945 pada tanggal 1-11 Agustus 2002.

20. Buat Matrik hasil Amandemen UUD 1945 selama 4 kali :

Materi Asli UUD 1945

Hasil Perubahan UUD 1945

Kekuasaan Presiden seolah – olah tidak terbatas.

Dibatasi hanya dua kali masa jabatan.

Tidak tegas DPR dalam membentuk undang – undang.

DPR memegang kekuasaan membentuk undang – undang.

Presiden mengangkat / menerima duta tanpa pertimbangan DPR.

Presiden mengangkat / menerima duta dengan pertimbangan DPR.

Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi, dan rehabilitasi tanpa pertimbangan Mahkamah Agung dan DPR.

Presiden memberi grasi dan rehabilitasi dengan pertimbangan Mahkamah Agung, amnesti, dan abolisi dengan pertimbangan DPR.

Pemerintah bersifat sentralistik.

Dedentralisasi pemerintahan dengan dilaksanakannya otonomi daerah.

Hak asasi manusia tidk diatur secara lengkap.

Hak asasi manusia diartur secara lengkap.

MPR memegang kadaulatan rakyat.

MPR tidak lagi memegang kedaulatan rakyat.

Presiden / Wakil Presiden dipilih MPR.

Presiden / Wakil Presiden dipilih oleh rakyat.

Tidak diatur apakah Presiden dapat membekukan / membubarkan DPR.

Presiden tidak dapat membekukan dan atau membubarkan DPR.

Tidak ada Dewan Perwakilan Daerah.

Terbentuknya Dewan Perwakilan Daerah.

Tidak ada Komisi Yudisial.

TErbentuknya Komisi Yudisial yang mengusulkan pengangkatan hakim Mahkamah Agung.

Tidak ada Mahkamah Konstitusi.

Terbentuknya Mahkamah Konstitusi yang menguji undang – undang terhadap Undang – Undang Dasar.

Komposisi MPR adalah DPR, Utusan Daerah, dan Utusan Golngan.

Komposisi MPR adalah DPR dan DPD yang semuanya dipilih melalui Pemilu.

IV. PANCASILA DALAM PARADIGMA KEHIDUPAN BERMASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA

Penjelasan

A. 1. Tujuan pendalam pokok bahasan ini adalah untuk memahami pancasila sebagai paradigm kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta aktualisasi Pancasila dalam kehidupan.

18. Materi pendalaman meliputi :

2.1. Pengertian Paradigma

2.2. Pancasila Sebagai paradigm pengembangan IPOLEK

B. PANCASILA PARADIGMA PEMBANGUNAN

1. Jelaskan pengertian pardigma menurut Kamus Bahasa Indonesia :

daftar dari semua pembentukan dari sebuah kata yang memperlihatkan konjugasi dan deklinasi kata tersebut, sebagai model dalam teori ilmu pengetahuan dan kerangka berpikir.

2. Jelaskan Pengertian paradigma menurut Kaelan

Paradikma adalah suatu asumsi – asumsi dan asumsi – asumsi teoretis yang umum, sehingga merupakan sumber hukum, serta karakter ilmu pengetahuan itu sendiri.

3. Dalam perkembangan selanjutnya istilah pengertian paradigma mengandung konotasi pengertian apa :

- Kerangka berfikir.

- Sumber nilai.

- Orientasi arah.

4. Jelaskan pengertian Pembangunan Nasional :

Pembangunan Nasional adalah upaya bangsa utuk mencapai tujuan nasionalmya sebagaimana dinyatakan dalam Pembukaan UUD 1945.

5. Jelaskan pengertian Pancasila sebagai Paradigma pembangunan Nasional :

Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai – niai Pancasila.

6. Sebutkan Tujuan Nasional bangsa Indonesia. Dimana dicantumkan :

Tujuan Nasional sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 diwujudkan melalui pelaksanaan penyelenggaraan negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan Pancasila, dan Undang – Undang Dasar 1945.

7. Jelaskan secara singkat dan jelaskan bahwa sila – sila Pancasila merupakan nilai, kerangka berpikir serta asas moralitas bagi pembangunan IPTEKS :

1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, mengimplementasikan ilmu Pengetahuan, mencipta, perimbangan antara rasional dengan irrasional, antara akal, rasa, dan kehendak.

2. Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, menberikan dasar – dasar moralitas bahwa manusia dalam mengembangkan iptek haruslah secara beradab.

3. Sila Persatuan Indonesia, memberikan kesadaran kepada bngsa Indonesia bahwa rasa nasionalisme bangsa Indonesia akibat sumbangan dari iptek, dengan iptek persatuan dan kesatuan bangsa terwujud dan terpelihara, persaudaraan dan persahabatan antar daerah di berbagaiaerah terjalin karena tidak lepas dari faktor kemajuan iptek.

4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, prinsip demokrasi sebagai jiwa sila keempat ini dapat mendasari pemikiran manusia secara bebasuntuk mengkaji dan mengembangkan iptek.

5. Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kemajuan iptek harus dapat menjaga keseimbangan keadilan dalam kehidupan kemanusiaan.

8. Jelaskan secara singkat konsep Pancasila sebagai paradigma pembangunan:

1. Pancasila harus menjadi kerangka kognitif dalam identifikasi diri sebagai bangsa.

2. Pancasila sebagai landasan pembangunan nasional, perubahan yang terjdi dalam Masyarakat dan bangsa akibat dar pembangunanharus semakin menempatkan nilai Nilai pancasila yang dapat dirasakandalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Pancasila merupakan arah pembangunan nasional, proses pembangunan nasional tidak terlepas dari control nilai nilai pancasila.

4. Pancasila merupakan etos pembangunan nasional, untuk mewujudkan visi Bangsa Indonesia masa depan di ciptakan misi pengalaman pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

5. Pancasila sebagai moral pembangunan, sebutan ini mengandung maksud nilai nilai Luhur pancasila (Norma- norma pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945) di jadikan tolak ukur dalam melaksanakan pembangunan nasional, baik dalam per encanaan, pengorganisian, pelaksanaan, pengawasan maupun dalam evaluasinya.

9. Sebutkan prisnsip – prinsip yang harus diperhatikan dalam Pembangunan Nasional :

1. Hormat terhadap keyakinan religius setiap orang .

2. Hormat terhadap martabat mausia sebagai pribadi atau subjek (manusia seutuhnya)

3. Kesatuan sebagai bangsa yang melayani segala bentuk sekarianisme.

4. Nilai nilai yang terkait dengan demokrasi konstitusional (persamaan politis, hak hak asasi, hak hak dan kewajiban kewarganegaraan)

5. Keadilan sosial yang mencakup persamaan (equality) dan pemerataan (equity)

10. Jelaskan hal – hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan pancasila sebagai ideology:

1. Sistem politik nasional yang berkedaulatan rakyat, demokratis, dan terbuka

2. Kemandirian partai politik dalam memperjuangkan kepentingan rakyat.

3. Pendidikan politik kepada masyarakat untuk mengembangkan budaya politik yang demokratis.

4. Pemilihan umum yang lebih berkualitas dengan partisipasi rakyat yang seluas luasnya.

11. Sebutkan 3 aspek Demokrasi yang harus di kembangkan:

1. Demokrasi sebagai sistem pemerintahan.

2. Demokrasi sebagai kebudayaan politik.

3. Demokrasi sebagai struktur organisasi.

C. AKTUALITASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN

1. Jelaskan Pengertian Aktualisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

Berasal dari kata “aktual” artinya betul – betul ada, terjadi atau sesungguhnya. Aktualisasi adalah sesuatu mengaktualkan. Dalam hal ini adalah bagaimana nilai – nilai Pancasila itu benar – benar dapat tercermin dalam sikap dan perilaku dari seluruh warga negara, mulai dari aparatur dan pimpinan nasional sampai kepada rakyat biasa.

2. Jelaskan pengertian Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan :

Aktualisasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara memerlukan kondisi dan iklim yang memungkinkan segenap lapisan masyarakatyang dapat mencerminkan nilai – nilai Pancasila itu dan dapat terlihat dalam perilaku yang sesungguhnya.

3. Jelaskan secara singkat kondisi dan iklim yang memungkinkan untuk mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila dan Kehidupan :

Mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan bukan hanya sekedar lips servis untuk mencapai keinginan pribadi dengan mengajak orang lain mengamalkan nilai – nilai Pancasila sedangkan perilaku sendiri jauh dari nilai – nilai Pancasila yang sesungguhnya.

4. Sebutkan 2 cara untuk mengaktulaisasikan Pancasila dalam Kehidupan :

a. Aktualisasi Pancasila secara objektif, yaitu melaksanakan Pancasila dalam setiap aspek penyelenggaraan negara, meliputi bidang legislative, eksekutif, yudikatif, dan dalam bidang kehidupan kenegaraan lainnya.

b. Aktualisasi Pancasila secara subjektif, yaitu pelaksanaan Pancasila dalam setiap pribadi, perseorangan, warga negara, dan penduduk.

5. Berilah contoh nilai – nilai yang terkandung pada tiap – tiap sila :

a. Sila Pertama, pengolahan ilmiah mengenai Pancasila, adanya atau eksistensi objektif Pancasila, Pancasila sebagai data empiris, yaitu sebagai ediologi, dasar negara, dan sumber hukum yang terjadi di dalam sejarah.

b. Sila Kedua, mengungkapkan ajaran yang terkandung dalam Pancasila, yaitu mempelajari faktor – faktor objektif yang membentuk adanya Pancasila itu.

c. Sila Ketiga, renungan refleksif dan sisitematis mengenai Pancasila yang sifatnya diolah dengan keyakinan – keyakinan pribadi mengenai kebenaran – kebenaran yang sifatnya mendasar.

d. Sila Keempat, studi perbandingan ajaran Pancasila dengan ajaran lain. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam ragka pemikiran filosofi, teologi, atau kegiatan ilmiah.

e. Sila Kelima, pengolahan ilmiah mengenai pelaksanaan Pancasila, yaitu masalah pelaksanaan atau operasionalisasinya.

6. Tridarma Perguruan Tinggi :

6.1. Carilah PP No.30 Tahun 1990, tentang Perguruan Tinggi :

a. Kebebasan akademik merupakan kebebasan yang dimiliki anggota akademik untuk secara bertanggung jawab dan mandiri melaksanakan kegiatan akademik yang terkait dengan pendidikan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

b. Kebebasan mimbar akdemik berlaku sebagai bagian dari kebebasan akademik yang memungkinkan dosen menyampaikan pikiran dan pendapat di perguruan tinggi yang bersangkutan sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan.

c. Otonomi keilmuan merupakan kegiatan keilmuan yang berpedoman pada norma dan kaidah keilmuan yang harus ditaati oleh para anggota sivitas akademik.

6.2. Apa tujuan Pergururuan Tinggi :

Tujuan Perguruan Tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan / atau profesional yang dapat menarapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu teknologi dan kesenian, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan kesenian serta menyumbangkan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kehidupan nasional.

6.3. Sebutkan Motto Perguruan Tinggi :

Motto Perguruan Tinggi dikenal dengan “Tri Dharma Perguruan Tinggi”, yaitu penelitian, dan pengabdian.

6.4. Mengapa pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak mudah, Apa akibatnya :

Karena dalam perjalanan perguruan tinggi Indonesia sejak kemerdekaan menurut Hafid Habbas (2000) bahwa hampir semua perguruan tinggi yang dibangun berorientasi pada pelayanan (servis oriental), yang merupakan teaching university, perguruan tinggi menghasilkan luusan (sarjana) melayani masyarakat dan kurang mampu dalam mengembangkan ilmu.

6.5. Bagaimana pendapat Prof. Thoby Mutis dan Prof. Jajah kaswara tentang Penelitian dan

Pengabdian Kemasyarakatan Mahasiswa hasilnya juga akan dinikmati perguruan tinggi itu sendiri, selain itu secara langsung maupun tidak langsung mahasiswa dapat mengajak masyarakat untuk ikut aktif berpartisipasi dalam pembangunan sebab bagaimanapun paradigma pembangunan daerah harus mengalah kepada masyarakat.

Begitu juga dengan Prof. Jajah Koswara, menilai pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan perguruan tinggi selama ini, masih belum banyak bermanfaat bagi upaya pengembangan potensi masyarakat, hal ini terjadi karena program – program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan masih bersifat persial dan tidak bersiergi dengan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah setempat.

6.6. Apa fungsi Perguruan tinggi Indonesia :

a. Tempat pengajaran dan pendidikan

b. Tempat penelitian ilmiah

c. Alat pengabdian masyarakat

6.7. Sebutkan sifat, fungsi Perguruan Tinggi :

sebagai agen utama dari pembaruan dalam kehidupan bernegara, dan juga sebuah alat control masyarakat dengan tetap terpeliharanya kebebasan akademis terutama dari campur tangan penguasa.

7. Budaya Akademik

7.1. Jelaskan pengertian Istilah Akademik :

Berasal dari academia, yaitu sekolah yang diadakan Plato (Pranaka,1985:370). Kemudian berubah menjadi istilah akademi yang berkaitan dengan proses belajar – mengajar, sebagai tempat dilakukan kegiatan mengembangkan intelektual. Istilah Akademik selanjutnya mencakup pengertian kegiatan intelektual yang bersifat refleksif, kritis, dan sistematis.

7.2. Sebutkan secara singkat ruang lingkup pemikiran Akademik dalam kaitannya dengan nilai – nilai Pancasila :

a. Pertama, pengolahan ilmiah mengenai Pancasila, adanya atau eksistensi objektif Pancasila, Pancasila sebagai data empiris, yaitu sebagai ediologi, dasar negara, dan sumber hukum yang terjadi di dalam sejarah.

b. Kedua, mengungkapkan ajaran yang terkandung dalam Pancasila, yaitu mempelajari faktor – faktor objektif yang membentuk adanya Pancasila itu.

c. Ketiga, renungan refleksif dan sisitematis mengenai Pancasila yang sifatnya diolah dengan keyakinan – keyakinan pribadi mengenai kebenaran – kebenaran yang sifatnya mendasar.

d. Keempat, studi perbandingan ajaran Pancasila dengan ajaran lain. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam ragka pemikiran filosofi, teologi, atau kegiatan ilmiah.

e. Kelima, pengolahan ilmiah mengenai pelaksanaan Pancasila, yaitu masalah pelaksanaan atau operasionalisasinya.

7.3. Bagaimana pendapat Arthur Lo Vejoy tentang pengertian Kekerasan Akademik :

Kebebasan seorang guru atau seorang peneliti di lembaga pengembangan ilmu untuk mengkaji serta membahas persoalan yang terdapat dalam bidangnya serta mengutarakan kesimpulan – kesimpulannya, baik melalui penerbitan maupun melalui perkuliahan kepada mahasiswanya, tanpa campur tangan dari penguasa politik atau keagamaan atau dari lembaga yang mempekerjakannya.

8. Kampus sebagai Moral Force pengembangan hukum dan HAM

8.1. Sebutkan ciri utama dari kehidupan kampus :

Ciri utama dari kehidupan kampus adalah kebebasan berfikir dan berpendapat, kreatifitas, argumentative, tekun, dan melihat jauh ke depan sambil mencari manfaat praktis dari suatu ide ataupun penemuan.

8.2. Jelaskan 3 alasan bahwa kampus harus terlibat dalam kehidupan politik :

a. Pertama, usaha kampus untuk merealisasikan peranannya sebagai pembaru kehidupan masyarakat.

b. Kedua, kenyataan bahwa kampus merupakan sumber daya politik yang selalu menyediakan pimpinan dan kepemipinan.

c. Ketiga, watak kemandirian kampus tumbuh dari metode ilmiah, yaitu cara berfikir kritis.

8.3. Sebutkan suatu diskripsi mengenai bentuk yang diinginkan dalam suatu masyarakat yang berdasarkan Pancasila (Satjipto.1991) :

a. Dalam masyarakat Pancasila, setiap orang hendaknya biasa mengharapkan bahwa orang lain akan memperlakukannya secara individu secara penuh.

b. Dalam masyarakat Pancasila, setiap orang biasa diharapkan bahwa ia akan menerima bagian dari produksi nasional yang memungkinkannya hidup sesuai dengan martabatnya sebagai manusia.

c. Dalam masyarakat Pancasila, setiap orang biasa mengharapkan bahwa ia tidak akan diganggu dan dihambat dalam penghayatan agamanya.

d. Dalam masyarakat pancasila, setiap orang biasa mengharapkan bahwa keputusan yang menyangkut kepentingan orang banyak diambil dengan mempertimbangkan secara bersungguh – sungguh pendapat mereka yang akan terkena keputusan tersebut.

8.4. Jelaskan perairan kampus dalam penegakan HAM :

Peranan kampus dalam penegakan HAM Kampus melalui kajian ilmiah, mimbar akademik yang bebas, budaya akademik, dan berfikir rasional objektif dengan menggunakan metodologi ilmiah dalam kerangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

8.5. Sebutkan beberapa kasus yang pernah terjadi yang merupakan pelanggaran HAM :

Kasus kerusuhan 27 Juli 1996, kasus santet di Banyuwangi, penembakan mahasiswa di Universitas Trisakti, semanggi berdarah, Ambon, Ketapang, Sambas, kasus kekayaan mantan Presiden Soeharto dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar